PENGUMUMAN SEKOLAH

KEGIATAN SMK NEGERI 1 DONOROJO

 BULAN April 2022

 

N0 Tggl Kegiatan
 1

4 -16 April 2022

Pondhok Rhomadhon
 2  

16 April 2022

KBM fluktuatif bulan romadhon

 

 

Gallery Prestasi
Kalender
March 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Berita
JAKSA MASUK SEKOLAH
December 20, 2022
Jumat, 16 Desember 2022 bertempat di Ruang Pertemuan SMK Negeri 1 Donorojo diselenggarakan penyuluhan/penerangan hukum bagi Peserta Didik SMK Negeri 1 Donorojo. Kegiatan ini bertujuan
December 14, 2022
Menuju  industri  4.0,  salah  satu  dari  lima  sektor  di  Indonesia  yang menjadi pionir implementasi adalah industri tekstil dan pakaian. Kompetensi digital juga merupakan persyaratan kerja

BERMAIN DAN BELAJAR CAPTION TEXT

MELALUI GAME EDUKASI QUIZIZZ

 

Oleh Rihatmi, S.Pd.

Guru SMKN 1 Donorojo-Pacitan

 

Era digitalisasi yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan era revolusi 4.0, telah merambah ke berbagai sector termasuk pendidikan. Hal ini dapat menjadi media yang sangat efektif dan efisien untuk digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran. Beragam fasilitas multimedia berbasisi IT dapat dimanfaatkan agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Berbagai aplikasi pembelajaran menarik baik gratis maupun berbayar sudah tersedia untuk bisa dimanfaatkan maksimal bagi generasi milenial. Penggunaan telepon pintar dan internet yang seimbang dan dimanfaatkan dengan baik khususnya pada dunia pendidikan Akan membawa kemajuan pendidikan seiring perkembangan teknologi dan informasi. Misal dalam kegiatan guru dan siswa banyak menggunakan media komputer dan internet di sekolah (Maghfiroh,2018).

Sebuah tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan terlebih pada masa pandemi ini dimana pembelajaran harus dilakukan secara daring atau Pembelajaran Jarah Jauh (PJJ). Pembelajaran yang menyenangkan dapat diciptakan melalui penggunaan berbagai macam model, metode, ataupun media pembelajaran yang menarik sehingga membuat siswa menjadi bersemangat untuk belajar dan lebih mudah memahami materi. Pengembangan media pembelajaran menggunakan computer atau laptop dan handphone atau smartphone, salah satunya dengan pemanfaatan game edukatif.

Sebagaimana pendapat S. Henry (2010: 53-54) yang mengemukakan tentang dampak positif penggunaan game yang salah satunya adalah game menyenangkan dan menghibur serta game memberikan latihan untuk pemevahan masalah dan logika.

 

TEKS CAPTION

Karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, banyak orang yang menuliskan caption berbahasa Inggris pada status/ poscast akun media sosial mereka. Tujuan penulisan caption dalam bahasa Inggris bisa saja karena mereka ingin caption foto atau gambar mereka dimengerti tidak hanya oleh orang lokal tapi juga orang lain dari seluruh dunia. Sehingga, mereka dapat berkomunikasi secara langsung dengan teman/pengikut  di media sosial mereka.

Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar 3.5 dan 4.5, bahwa siswa kelas XII SMA/SMK diharapkan mampu menulis Teks penyerta gambar (Caption Text) dan mengembangkan ide/gagasan mereka  berdasarkan gambar dan menjelaskannya melalui suatu informasi. Penjelasan tentang Caption juga diketahui sebagai teks singkat yang muncul dibawah gambar (L. Grayam, 2010).

Caption text didefinisikan sebagai suatu informasi singkat dari suatu gambar, grafik, dll. Fungsi sosial: Membuat teks penyerta gambar (Caption) dengan baik, untuk mendapatkan perhatian dari pembaca sehingga mencapai tujuannya. Struktur teks (Generic Structure): Title, lead, and section heading. Gaya bahasa (Language features) teks caption:

  1. Descriptive language
  2. Expressions to speculate
  3. Expressions about picture
  4. Preposition of place

Menurut (L Grayam: 2010) Caption text adalah deskripsi singkat yang menyertai suatu ilustrasi, bagian sebuah dokumen yang memberikan informasi penting dari suatu gambar.

L Grayam (2010) menyebutkan kriteria caption yang baik, antara lain; secara jelas menjelaskan gambar, namun tidak dengan penjelasan yang rinci, secara praktis menjelaskan subyek/gambar tanpa kerancuan informasi, menggunakan kata/kalimat yang singkat, memberikan konteks sesuai gambar, dan memberikan gambaran yang jelas bagi para pembaca.

 

GAME EDUKASI QUIZIZZ

Menurut Viatianingsih (2016) Game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah adanya animasi yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga anak dapat menyimpan materi pelajaran dalam waku yang lebih lama dibandingkan dengan metode pengaaran konvensional.       

Game Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game, yang membawa aktivitas multi pemian ke ruang kelas dan membuatnya di kelas latihan interaktif dan menyenangkan (Purba (2019) dalam Setiawan, dkk. 2019). Implementasi menggunakan Game Quizizz, siswa dapat melakukan latihan di dalam kelas pada perangkat elektronik mereka. Tidak seperti aplikasi pendidikan lainnya, Game Quizizz memiliki karakteristik permainan seperti avatar, tema, meme, dan musik menghibur dalam proses pembelajaran. Quizizz juga memungkinkan siswa untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar sehingga hasil belajar bisa meningkat.

Quizizz sebagai sebuah platform digital dengan multipemain memungkinkan kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan karena memberikan kesempatan siswa untuk melatih kemampuannya bersama-sama menggunakan gawai seperti tablet, Ipad, atau smartphone (Mei, Ju & Adam, 2018 dalam Priyanti, 2019).

Siswa memainkan kuis pada saat yang sama di kelas dan melihat peringkat langsung mereka di papan peringkat. Instruktur atau guru dapat memantau prosesnya dan mengunduh hasilnya ketika kuis selesai untuk mengevaluasi kinerja siswa. Game Quizizz dapat membantu motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar. Hal ini sejalan dengan pendapat (Dewi, C. K. (2018: 43) dalam Setiawan, dkk. 2019) yang mengatakan bahwa pembelajaran berbasis permainan mempunyai potensi yang baik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif karena dapat merangsang komponen visual dan verbal. Berikut contoh tampilan game Quizizz:

 

PENGGUNAAN GAME DALAM KELAS BAHASA INGGRIS

Adapun langkah-langkah yang dilaksanakan dalam pembelajaran daring pada masa pandemic ini antara lain; guru dan siswa mempelajari detail materi caption text baik secara individual dan dan kelompok pada pertemuan pertama; guru membagikan link game quizizz melalui kelas daring Google classroom pada pertemuan pertama; guru memberikan penjelasan bagaimana mengakses dan petunjuk permainan; sebagai kegiatan pembelajaran daring asinkron siswa berlatih mengerjakan game Quizizz terkait materi caption text sesuai dengan waktu, tempat, dan kemampuan akses internet yang memadai bagi siswa; pada pertemuan kedua siswa bersama guru membahas soal yang ada dalam game Quizizz yang sudah dikerjakan sebelumnya;  selanjutnya dengan mempelajari contoh dan pencarian referensi di internet siswa membuat contoh caption textnya sendiri dengan tema covid-19 secara individual; guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa.

Pada saat memainkan aplikasi game, siswa menjawab pertanyaan seputar materi teks caption jadi secara tidak langsung mereka telah mempelajari dan menambah pengetahuan tentang teks caption itu sendiri. Dengan fitur dan tampilan menarik game menjadi lebih seru ketika siswa dapat menjawab soal dengan benar mereka mendapatkan power/ bonus melalui fitur yang ada dalam game. Pun jika mereka salah dalam menjawab, mereka akan menjadi pemain yang kalah namun sesuai setting pada game siswa juga akan mengetahui jawaban mana yang benar. Dengan banyak berlatih menjawab soal maka akan dapat menambah pemahaman merka terhadap materi yang diajarkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa.

          Gambar. Soal pada game Quizizz (doc.pribadi penulis)

 

Ketika diterapkan dengan baik dan proporsional, maka penerapan game quizizz dalam pembelajaran akan memberikan manfaat bagi guru ataupun siswa. Dan hasil yang sama diperoleh pada beberapa penelitian dimana penggunaan game Quizizz juga dapat meningkatkan keterampilan menulis ataupun membaca siswa pada materi tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi Quizizz dapat diterapkan dalam kelas bahasa Inggris dan dapat memberikan dampak yang positif untuk pembelajaran bahasa Inggris. End#

 

#PPJ berarti

#sharing is caring

#belajar di smk Djajar

Artikel
Manfaat Masker Kopi dan Cara Sederhana Membuatnya
November 5, 2020
Jakarta – Kopi, rupanya selain bisa diolah sebagai minuman dengan aroma menarik juga bisa dicarik menjadi masker wajah. Bahkan khasiat masker kopi bisa membuat wajah glowing dan lebih
Pengunjung
Menuju Sekolah Adiwiyata
Galeri OSIS
PETA SMKN 1 DONOROJO